Prabowo Calon Menteri Dalam Negeri

Sumber: Kompas.com
prabowo
Senin, 28 September 2009 | 09:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com ā€” Dalam adagium politik, tidak ada kawan atau lawan yang abadi, kepentinganlah yang abadi. Inilah bukti terbaru.

Mantan calon wakil presiden, Prabowo Subianto, yang sering mengkritik tajam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada pilpres Juli silam, disebut-sebut akan masuk ke pemerintahan SBY-Boediono untuk menjabat posisi strategis.

Selain Prabowo, SBY juga akan merekrut Puan Maharani, putri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri, dan menyediakan satu jatah kursi menteri kepada Partai Golkar.

Menurut sumber tepercaya Persda Network dari lingkaran dalam Cikeas atau orang dekat Presiden SBY, Prabowo akan diberi jabatan membawahi para gubernur seluruh Indonesia, yakni menteri dalam negeri (mendagri). Adapun Puan Maharani akan masuk kabinet sebagai menteri negara pemberdayaan perempuan.

Menurut sumber ini, seperti halnya Presiden AS Barack Obama yang merekrut rivalnya, Hillari Rodham Clinton, menjadi Menlu, Presiden SBY pun menggandeng rival baik sosok seorang politisi maupun partai lawan pada pilpres silam.

SBY menarik orang-orang dari partai oposisi ke dalam pemerintahan. Mantan cawapres yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, akan diangkat jadi mendagri untuk meluluhkan gempuran Gerindra dan Prabowo sendiri, yang getol dengan slogan Ekonomi Kerakyatan.

Selanjutnya, putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, akan menjabat menneg pemberdayaan perempuan untuk merangkul Megawati yang selama 5 tahun ini secara pribadi maupun partai berseteru dengan SBY.

Bukan hanya PDI-P dan Gerindra yang masuk ke kabinet. Partai Golkar pun disediakan satu kusi, yaitu jabatan menteri hukum dan HAM yang selama ini dijabat politisi Golkar Andi Mattalatta. Namun, sosok untuk pos ini belum ditentukan, mengingat kondisi Golkar masih berkembang menjelang munas dan pergantian ketua umum partai. (Persda Network/amb/sj3/nda)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: