“Diganggu” Century, Rupiah Kembali Melemah

Rabu, 2 September 2009 | 09:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Rabu (2/9) pagi turun 50 poin menjadi Rp 10.120-Rp 10.130 per dollar AS, karena pelaku masih melepas rupiah akibat kekhawatiran mereka terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Analis PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova di Jakarta, Rabu mengatakan, rupiah kembali terkoreksi, karena pelaku pasar menunggu sejumlah indikator ekonomi negara asing terutama dari Amerika Serikat.

Pelaku pasar menunggu keluarnya angka pengangguran AS yang diperkirakan melonjak. Kondisi ini mengakibatkan pelaku lebih cenderung membeli dolar ketimbang rupiah, karena mata uang asing itu dinilai tempat yang aman untuk investasi.

Berlanjutnya koreksi terhadap rupiah sebenarnya sudah diperkirakan, karena bursa regional berlanjut menyusul merosotnya bursa Wall Street. Selain itu JUGA indikator ekonomi Indonesia seperti laju inflasi Agustus 2009 yang sedikit lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

“Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) kemarin menunjukkan kenaikan dari 0,45 persen menjadi 0,56 persen yang juga menekan rupiah melemah,” ujarnya.

Rully Nova mengatakan, sentimen negatif terhadap rupiah cukup besar, sehingga menekan mata uang Indonesia itu terpuruk lebih jauh. Rupiah diperkirakan akan berada dalam kisaran Rp 10.120-Rp 10.150 sepanjang pekan.

Rupiah, lanjut dia juga masih akan terkena dampak dari kasus Bank Century yang merugikan negara, karena pelaku pasar hati-hati untuk bermain di pasar uang domestik. “Pelaku pada umumnya melepas rupiah dan membeli dollar sambil menunggu kelanjutan berita Bank Century tersebut,” katanya.

EDJ
Sumber : ANTARA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: